• Membaca bilangan 1-1000 menggunakan Free Pascal

    Berhubung saya tidak bisa pemrograman, saya selalu belajar pemrograman. Ya...hasilnya seperti inilah. saya masuk Jurusan Teknik Informatika di Fakultas Teknologi Informasi UKSW(Universitas Kristen Satya Wacana).
    Begitu masuk kuliah, langsuung meeen... banyak ilmu yang saya dapat.
    Kali ini postingan saya akan membagi sedikit ilmu yang telah saya dapat. Sebenarnya coding berikut adalahtugas teman saya, namun karena saya tertarik mencoba, jadi saya yang mencari.
    yak, coding berikut adalah coding untuk membaca bilangan inputan user dari 0(nol) sampai 1000(seribu).
    contohnya demikian, anda meng.inputkan angka '492', maka outputnya akan keluar ' empatratus sembilanpuluh dua'.
    Sepertinya simple bukan? bukan. coba kita lihat coding yang saya temukan.

    uses crt;
    var inp,a,c:integer;
            hasil,b:string;

    procedure bagi(a:integer);
    begin
    case a of
    1:begin b:='se';end;
    2:b:='dua';
    3:b:='tiga';
    4:b:='empat';
    5:b:='lima';
    6:b:='enam';
    7:b:='tujuh';
    8:b:='delapan';
    9:b:='sembilan';

    end;
    end;

    function haha(var inp:integer):string;
    begin   if inp=1000 then hasil:='seribu'
    else begin
            if
            inp>=100 then begin
                    a:=inp div 100;
                    bagi(a);
                    hasil:=b+'ratus';
                    inp:=inp-(100*a);
                    haha(inp);
                    end
            else
            begin
            if inp>=10 then begin
                    if inp>=20 then begin
                    a:=inp div 10;
                    bagi(a);
                    hasil:=hasil+' '+b+'puluh';
                    inp:=inp-(10*a);
                    haha(inp);
                    end

                    else
                    begin
                    case inp of
                    10:hasil:=hasil+' '+'sepuluh';
                    11:hasil:=hasil+' '+'sebelas';
                    12:hasil:=hasil+' '+'duabelas';
                    13:hasil:=hasil+' '+'tigabelas';
                    14:hasil:=hasil+' '+'empatbelas';
                    15:hasil:=hasil+' '+'limabelas';
                    16:hasil:=hasil+' '+'enambelas';
                    17:hasil:=hasil+' '+'tujuhbelas';
                    18:hasil:=hasil+' '+'delapanbelas';
                    19:hasil:=hasil+' '+'sembilanbelas';
                                     end;end;end
            else begin if inp>1 then begin
                    a:=inp;
                    bagi(a);
                    hasil:=hasil+' '+b;end
            else if inp=1 then hasil:=hasil+' '+'satu';
                    end;
            end;
            end;
    end;


    begin
    clrscr;
    write('input 1-1000! :');
    read(inp);
    if inp>1000 then hasil:='error!'
    else
    begin
    if inp=0 then hasil:='nol!'
    else begin
    haha(inp);
    writeln();

    end;end; write('membacanya itu ',hasil);
    readkey;
    end.

    yeah. cukup sekian saja postingan saya, jika ada pertanyaan, silahkan comment.

0 komentar:

Posting Komentar